Shafira Audreyna™. Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 11 September 2013

TUGAS PAPER Meningkatkan Efektifitas Tempat Sampah dengan Roda dan Sensor Gerak

| | 1 comments
Meningkatkan Efektifitas Tempat Sampah dengan Roda dan Sensor Gerak

Pendahuluan
Seringkali kita melihat banyak sekali tempat sampah di sekeliling lingkungan. Namun, masih saja terdapat banyak sampah yang berceceran di sekitar tempat sampah tersebut. Hanya sedikit orang yang menyadari hal tersebut lalu membuang sampah tersebut ke tempat yang benar. Sisanya banyak yang tidak peduli dengan keadaan tersebut sehingga efektifitas tempat sampah semakin menurun.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi orang-orang yang membiarkan sampah mereka tidak terbuang dengan semestinya. Diantaranya adalah mereka malas mengambil sampah itu kembali, mereka berfikir bahwa akan ada seseorang yang akan membersihkan lingkungan sekitar tempat sampah tersebut namun nyatanya sangat jarang. Ada jugaalasan lain yaitu mulai dari ukuran tempat sampah yang kecil hingga jarak mereka membuang sampah itu sendiri yang jauh.

Apabila semakin banyak orang yang tidak peduli dangan sampah tersebut, sampah di sekitar tempat sampah itu akan menumpuk dan menimbulkan bau yang tidak sedap serta merusak citra keindahan lingkungan tersebut. Apalagi jika jarang ada petugas yang mengambil sampah itu ke tempat pembuangan akhir, sampah itu akan semakin banyak dan mengotori lingkungan.

Dari faktor-faktor tersebut, terciptalah sebuah ide yang mungkin dapat membantu meningkatkan efektifitas tempat sampah itu yaitu dengan menamahkan roda dan sensor gerak. Tujuan dari ide ini tentu saja untuk meningkatkan efektifitas tempat sampah dan mempermudah orang-orang membuang sampah pada tempatnya. Manfaat yang dapat diambil adalah dengan adanya tempat sampah ini lingkungan akan menjadi lebih bersih dan indah, dapat memaksimalkan kefektifitas tempat sampah tersebut dan dapat menaikkan tingkat kesejahteraan karena mungkin tempat sampah ini akan digunakan orang banyak dan tidak perlu melihat harga karena tergolong murah dan dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.
Isi
Berikut akan dijelaskan apa maksud dari penambahan roda dan sensor gerak. Jadi tempat sampah itu nanti akan bergeser kearah sampah yang dilempar atau dimasukkan dengan sensor gerak dan roda yang sudah dipasangkan pada tempat sampah itu akan bergerak sesuai sensor yang diberikan. Terdapat pertanyaan-pertanyaan yang dapat ditanyakan mengenai ide ini. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

Apa itu sensor gerak?
Sensor gerak adalah sebuah perangkat pendeteksi gerak dari sekitar tempat lingkungan tersebut. Perangkat yang dimaksud dapat berupa sebuah kotak kecil berisi sensor inframerah yang berada di mulut luar tempat sampah dan dilindungi dengan penutup agar tidak terkena hujan dan memiliki lampu LED pendeteksi apabila sampah sudah terlanjur tergeletak di sekitar tempat sampah tersebut.

Bagaimana sensor gerak itu mendeteksi sampah yang akan mendekat?
Sensor gerak dapat memancarkan sinar inframerah di sekitar tempat sampah tersebut sehingga berbagai macam benda yang dilemparkan kea rah tempat sampah tersebut dapat ditangkap oleh sensor lalu diubah menjadi energy gerak roda tempat sampah menuju benda yang dilemparkan menuju arah tempat sampah.

Bagaimana cara mengisi ulang baterai sensor tempat sampah itu agar sensor selalu hidup?
Caranya ada 3 macam. Pertama, dengan memasang baterai yang berada di bagian belakang tempat sampah tersebut. Yang kedua, menggunakan panel surya apabila tempat sampah tersebut diletakkan pada lingkungan terbuka.  Yang ketiga adalah dengan memasang semacam charger yang dihubungkan dengan stopkontak apabila tempat sampah tersebut berada di dalam ruangan.

Apakah tempat sampah ini cocok diletakkan pada outdoor atau indoor?
Tempat sampah ini terdapat 3 macam jenis yang sudah dijelaskan, jadi tempat sampah ini cukup berguna di dalam maupun di luar ruangan. Jadi, pengguna tidak perlu khawatir dengan kondisi lingkungan.

Apakah sensor tersebut hanya bisa mendeteksi benda saja atau juga dapat mendeteksi makhluk hidup?
Ya, dapat. Sensor tersebut dapat mendeteksi panas juga jadi selain dapat mendeteksi sampah sensor tersebut dapat mendeteksi adanya makhluk hidup di sekitarnya. Contohnya adalah lalat, kucing, dan manusia. Jika sensor mendeteksi adanya makhluk hidup di sekitarnya, tempat sampah itu tidak akan bergerak karena itu bukan sampah. Jika ada kucing yang mengais-ngais tempat sampah itu otomatis tempat sampah itu akan menutup. Jika ada tangan manusia yang membuka tutup tempat sampah itu akan terbuka dengan sendirinya.

Seberapa besar ukuran tempat sampah ini?
Untuk masalah ukuran akan ersedia 3 versi yaitu versi kecil untuk indoor yang minimalis, sedang untuk dimana saja apabila membutuhkan kapasitas yang lumayan besar, dan versi besar apabila dipakai dalam acara besar seperti pesta dan lain-lain. Jadi pengguna tidak perlu khawatir karena terdapat versi yang cocok.

Apakah saat diberi roda tempat sampah itu akan bergerak ke sembarang arah?
Tidak, pada roda tersebut telah dipasangkan rem dan pengunci roda agar saat tidak ada benda yang terdeteksi tempat sampah itu tidak akan bergerak kemana-mana. Jadi pengguna tidak perlu khawatir apabila tempat sampah akan bergerak ke sembarang arah.

Apa yang terjadi apabila sampah tersebut sudah terlanjur tergeletak di tempat sampah itu?
Seperti yang dijelaskan pada pertanyaan pertama, terdapat lampu LED yang akan menyala apabila terdapat sampah yang sudah terlanjur tergeletak di sekitar tempat sampah itu dan akan menarik perhatian orang-orang untuk membersihkan tempat tersebut.

Apa kelebihan dan kelemahan sensor tersebut?
Kelebihan dari modifikasi tempat sampah ini adalah kita tidak perlu repot mengambil sampah yang tergeletak di sekitar tempat sampah itu. Tempat sampah ini juga ada 3 versi yang praktis dipakai dimana saja. Kelebihan lainnya adalah dapat memperindah lingkungan dan memaksimalkan fungsi tempat sampah. Kelemahannya adalah tempat sampah itu kemungkinan agak berat dan kurang efisian di tempat luar apabila hari sudah malam apabila menggunakan versi panel surya. Kelemahan lainnya adalah sensor kemungkinan akan cepat rusak apabila diletakkan di outdoor dan sering terkena hujan. Apabila sensor rusak harus diganti dengan sensor baru.

Apa yang terjadi apabila tempat sampah tersebut telah penuh?
Lampu LED juga akan menyala apabila tempat sampah telah penuh, untuk mematikan lampu tersebut juga ada tombolnya. Apabila tempat sampah telah kosong lampu LED tersebut akan otomatis mati.

Apakah tempat sampah ini membutuhkan biaya yang mahal?
Tidak, bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan tempat sampah ini relative sama dengan bahan tempat sampah biasa yaitu plastic. Dan sebuah kotak sensor dan kotak LED berukuran kecil dan terdapat panel surya apabila versi outdoor, kabel charger apabila versi indoor dan tempat baterai apabila ingin lebih praktis dalam penggunaannya.

Demikian pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan ide yang saya jelaskan tersebut. Jika terdapat pertanyaan lain akan saya jelaskan lagi pada pembahasan berikutnya.

Penutup
Demikian dari ide yang saya jelaskan dengan rinci. Intinya adalah ide ini tercipta untuk kemudahan dalam hidup dan mendukung program recycle dengan teknologi yang sederhana sehingga memudahkan orang-orang dalam membuang sampah dengan baik dan benar. Referensi dari paper ini dari imajinasi dan penggambaran saya sendiri, apabila terdapat salah dan kekeliruan tentang ide yang saya jelaskan harap dimaklumi.

Nama   : Shafira Audreyna

NIM     : M0513042

1 comments:

 
Twitter Facebook Dribbble Tumblr Last FM Flickr Behance